Tuesday 9 July 2013

mau MOTRET?? BAYAR. .!!

 

UANG BUKAN SEGALANYA,,TAPI SEGALANYA BUTUH UANG. .
pernyataan ini kayanya tepat banget ya,,Ga munafik untuk memenuhi kebutuhan hidup itu perlu uang,, tapi ngga semuanya kali diduitin.

Postingan gue kali ini bersumber dari salah satu artikel yang ada di blog milik dosen gue, artikelnya tuh yang menggelitik dan menyentil sekali, emang disitu sih isinya hal-hal yang menggelitik, menyentil, dan bikin malu broh!. Judul artikelnya " Motret Aja Kok Harus Bayar..". kenapa gue ambil ini buat gue repost? karena menurut gue ini tuh malu-maluin banget, sesuailah sama tema blognya..
kok malu-maluin tapi lo repost? Nah!! biar pada melek dan ga bikin malu lagi lah...cari duit ga gitu-gitu juga kalee :D

Temen gue adalah salah satu korbannya nih dia orangnya .. saat dia mau motret di salah satu museum di tempat rekreasi terkemuka di Jakarta, dia langsung ditembak :p sama orang..nembaknya bukan bilang i love you :D .. tapi.... motret disini 1 kamera 100ribu mas..(jleeeb!!).. gara-gara motret buat tugas ya,,ya deal aja lah biar cepet :p..bagus bukan 1 foto 100rb .hahahaha

sebenernya pungli di Jakarta atau wilayah lainnya ini sudah menjamur banget dan susah diberantas, tapi kenapa untuk motret aja pake ada pungli?? alasannya mungkin karena mereka tidak mau karyanya ataupun lokasi tersebut di sebarluaskan karena alasan takut akan disalah gunakan atau pun di jiplak..apapun alasannya tentu ini akan membatasi ruang gerak orang-orang yang berkecimpung di dunia fotografi.

oia selain punngutan liar yang diminta saat kita motret disuatu tempat, banyak juga loh pungli lainnya, misalnya di jalan raya dan oknumnya itu aparat..malu-maluin eyym..
(zackyzulfikar.blogspot.com)

(budiphatees.blogspot.com)

video by youtube

Pungli saat motret ini bikin para fotografer baik yang profesional maupun yang amatir jadi mikir-mikir kalo mau motret. apalagi buat yang baru belajar-belajar motret kaya gue..
pungli kaya gini emang udah biasa ya di Jakarta, jadi kita nanggapinnya juga ga kaget-kaget banget..tapi apa yang akan terjadi kalo orang daerah atau wisatawan asing yang mau motret and then mereka diharuskan membayar..citra buruk yang didapat?? BISA JADI!!! ,, malu-maluin?? YA...YA...YA.. IYAAAA!!! (jegeeeer!!!). Merebaknya pungli di Indonesia, semakin mencerminkan budaya korupsi yang makin membahana :(









No comments:

Post a Comment